Kamis , 11 June 2020 12:53 WIB
SHARE

Blog Edukasi & Informasi | Industri Gula Kristal Rafinasi di Indonesia | Episode #3 Kontribusi Industri GKR Dalam Pertumbuhan Industri Mamin

Episode #3 |  Kontribusi Industri Gula Kristal Rafinasi Dalam Pertumbuhan Industri Makanan Dan Minuman

 

Berkembangnya industri gula kristal rafinasi di Indonesia sejalan dengan berkembangnya industri makanan, minuman dan farmasi serta industri pengguna lainnya. Pertumbuhan ini tentunya memberikan dampak positif dan kontribusi yang cukup besar bagi negara Indonesia.

Kontribusi Industri Gula Kristal Rafinasi Bagi Industri di Tanah Air

Industri gula kristal rafinasi berkontribusi penting bagi berbagai industri di tanah air terutama:

  • Industri makanan dan minuman
  • Industri pengolahan susu
  • Industri farmasi
  • Industri hotel, restoran dan katering
  • Industri tembakau

Produsen gula kristal rafinasi memiliki peran signifikan dalam pemenuhan kebutuhan gula kristal rafinasi bagi industri pengguna, terutama bagi industri makanan dan minuman. Tidak hanya industri besar saja namun juga melayani kebutuhan bagi industri kecil dan menengah yang bergerak di sektor industri makanan dan minuman.

Dengan berdirinya 11 produsen gula kristal rafinasi di Indonesia, banyak manfaat yang diperoleh oleh kalangan industri pengguna gula kristal rafinasi antara lain:

  1. Mengisi kebutuhan gula rafinasi yang selama ini belum dicukupi oleh produksi gula tebu lokal.
  2. Penghematan biaya bagi industri pengguna gula rafinasi seperti industri makanan, minuman dan lainnya karena tidak diperlukannya stok gula rafinasi dalam jumlah besar. Industri pengguna dapat membeli gula rafinasi dalam jumlah minimal yang secukupnya saja untuk proses produksi segera (hand-to-mouth buying).
  3. Melalui kontrak pembelian, industri pengguna gula rafinasi dapat memperoleh harga kontrak yang lebih murah ketimbang harga spot.
  4. Jangka waktu yang lebih pendek sejak penerbitan order pembelian sampai dengan tibanya gula di gudang pembeli. Gula impor memerlukan waktu yang lebih lama karena harus melalui prosedur perijinan dan proses kepabeanan yang tidak singkat serta jangka waktu pengangkutan lewat laut.
  5. Industri pengguna dapat memesan jenis dan kualitas gula rafinasi persis sesuai dengan kebutuhan.

Dapat disimpulkan bahwa industri gula kristal rafinasi di Indonesia memiliki kontribusi strategis bagi industri pengguna.

 

Kontribusi Industri Gula Kristal Rafinasi Bagi Negara

Industri gula kristal rafinasi di Indonesia tentunya juga berperan penting bagi negara, khususnya dalam peningkatan perekonomian negara antara lain adalah:

  1. Mengurangi ketergantungan impor gula kristal rafinasi
  2. Peningkatan pendapatan pajak bagi negara, termasuk diantaranya pajak penghasilan badan usaha dan Pajak Bumi dan Bangunan.
  3. Peningkatan pendapatan bea masuk impor bagi negara, terutama untuk bahan baku gula mentah.
  4. Penghematan devisa mata uang asing karena impor bahan mentah yang lebih murah harganya dan lebih banyak ketersediaannya di luar negeri ketimbang mengimpor barang jadi yang lebih mahal. Stok gula mentah tidak tergantung musim dan selalu tersedia sepanjang tahun di pasar internasional.
  5. Membuka lapangan pekerjaan dan memberi penghasilan bagi angkatan kerja yang selalu bertumbuh.

 

Agri 2021